Geguritan

Pengertian Geguritan

Kata geguritan dalam kamus umum Indonesia (KBBI) geguritan itu berasal dari kata “gurit” artinya sajak atau syair. Dalam kamus Baoesastra, geguritan berasal dari kata “gurit” artinya tulisan, kidung. Sedangkan dalam Kamus Kawi Indonesia diungkapkan “gurit” artinya goresan, dituliskan.
Pengertian geguritan adalah seni sastra puisi yang ditulis menggunakan bahasa Jawa dan biasanya dilagukan dengan tembang (pupuh) yang sangat merdu.
Geguritan bahasa jawa sudah ada sejak jaman dulu. Pada saat itu geguritan dibuat oleh para pujangga sebagai bentuk sindiran kepada para raja atau kolonial yang berkuasa.
Para penulis atau pencipta geguritan disebut penggurit. Penggurit menggunakan sastra bahasa Jawa yang tinggi dan bermajas-majas, sehingga mampu membuat orang yang disindir dalam isi geguritan tidak akan merasa tersindir, bahkan mereka sendiri akan ikut menembangkan geguritan tersebut.
Awalnya geguritan hanya bisa dibuat oleh para pujangga dengan aturan-aturan yang terikat, tapi sekarang geguritan jawa lebih bebas dalam artian tidak terikat aturan dan bisa dibuat oleh siapa saja.
Seiring berjalannya waktu, perkembangan geguritan mengikuti selera masyarakat. Salah satu penyebabnya adalah berkembangnya bahasa dari masa ke masa. Puisi Jawa yang berkembang pada saat ini lebih bersifat bebas dan memiliki tipografi yang bebas.
Cara penulisan geguritan sama seperti halnya penulisan puisi modern. Geguritan biasanya dibuat berdasarkan pengalaman si penggurit atau bisa juga untuk menggambarkan suatu keadaan atau objek.
Meskipun penggunaan bahasanya bebas, tidak mesti menggunakan bahasa jawa krama, tapi pemilihan kata yang tepat dan indah harus tetap diperhatikan. Bisa juga disisipi bahasa jawa krama sebagai penekanan makna. Tentu setiap penggurit mempunyai ciri khas tersendiri dalam membuat geguritan.
Dalam menyajikan sastra geguritan ini tidak sama dengan penyajian prosa. Biasanya geguritan ditembangkan dengan diiringi tabuhan gamelan dengan intonasi yang khusus.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment